Monday, October 24, 2011

indonesia

mengapa kita harus traveling keliling Indonesia?
karena itu adalah salah satu cara menyenangkan agar kita bisa lebih mencintai negara ini.kendalanya adalah duit dan waktu.ya duit memang buakn hanya kendala untuk masalah traveling aja.hampir semua masalah dalam kehidupan emang selalu disangkutpautkan dengan duit.dalam perihal travelling, masalah ini bisa kita atasi dengan traveling berkelompok.karena dengan share berarti biaya yang keluar juga akan jauh lebih murah.kalo perkara waktu, ya itu tergantung gimana kita merayu pihak HRD kantor tempat kita bekerja agar mendapatkan waktu cuti :p
traveling itu penting sodara-sodara.kalo lo terus tinggal di zona nyaman lo yang sebenernya udah gak nyaman kayak jakarta ini, lo gak akan pernah bisa ngerti segimana indahnya negara lo,segimana luar biasanya dia.dengan tinggal di jakarta atau kota2 besar lainnya, yang lo hadepin cuman rutinitas kerja, masalah macet, masalah berita kriminal, masalah berita korupsi, masalahberita depe pengen operasi keperawanan, dan berita gak penting laennya.dan lo ada di dalem semua kenegatif-an itu, kecuali mungkin perkara depe yang mau perawan lagi, lo gak ada di situ (atau pernah nyicipin juga?).dengan semua hal negatif itu, pantes aja yang keluar dari mulut,hati dan pikiran kita tentang negara ini cuman hal-hal jeleknya aja.beneran deh.

coba aja lo pergi ke daerah terpencil nun jauh di sana.Pulau ROte misalnya.pulau ter selatan indonesia.memang disana gak ada mall, gak ada McD, gak ada wifi, gak ada Cineplex. disana cuman ada penduduk yang ramah, senyum yang tulus, pantai yang indah, udara yang bersih. hati tenang banget, pikiran jernih, seger.kulit kebakar mah cuman sedikit resiko doang..
atau Belitong, yang cuman 1 jam dari jakarta pake pesawat.
atau derawan, tempat ubur-ubur jinak berkeliaran dan kita bisa berenang bersama mereka.
atau mungkin pulau komodo dan wakatobi yang udah gak diraguin lagi cakepnya kayak apa...
bali gak akan gw sebut disini, karena siapa yang gak tau betapa indahnya bali (kecuali gw yang emang belom pernah ke sana :( )
gak harus nuansa pantai, dateng aja ke lokasi2 yang jauh dari perkotaan.berinteraksi dengan alam dan banyak kearifan lokal laennya.baduy, kampung naga, dieng, bromo, pacitan, sempu, lembah harau, dll....
ya semua tempat yang gw sebut di atas hanyalah sebagian kecil surga dunia yang tersembunyi di indonesia. bahkan banyak orang asing yang rela ninggalin keluarga dan menetap di indonesia saking cintanya sama keindahan negara ini. dan warganya sendiri boro2 pengen nikmatin, kepikiran buat datengin tempat2 itu aja nggak.
yaa, hak tiap orang sih.
tapi sekali lagi,dengan traveling di indonesia gw yakin lo akan mengubah pandangan negatif lo tentang negara ini.
negara kita ini negara besar, cyiin.negara dengan potensi alam gak berujung. Thailand dengan phuketnya mungkin hanyalah seujung kukunya keindahan wakatobi.bukannya gw hiperbolik, tapi sepertinya begitulah memang kenyataannya. pemerintah memang sepertinya belom sadar sepenuhnya mengenai potensi wisata negara ini.tapi hal itu jangan sampe ngebikin kita jadi mundur buat traveling keliling indonesia..
gw belom menjelajah ujung ke ujung, cuman sempet ngerasain ujung selatan aja.dan itu udah lebih dari cukup buat ngerubah pandangan gw tentang negara ini.Indonesia itu luar biasa.

dengan lebih mencintai indonesia, lo juga akan lebih menghargai lingkungan sekitar lo.dan lebih menghargai keberadaan lo sebagai warga negara ini.

:)

No comments:

Post a Comment